Manusia pada hakikatnya adalah homo socius atau mahluk sosial. Maka manusia akan hidup berkembang secara normal dan wajar hanya apabila dia bersama dengan lingkungan sosialnya.Orang mungkin berargumentasi bahwa secara kodrati seorang anak diperangkati dengan kemampuan berbahasa. Memang benar demikian adanya. Namun kemampuan dasar yang diberikan Tuhan tidak pernah tumbuh berkembang wajar kalau tidak dibiarkan berada dalam suasana dan lingkungan sosial yang wajar. Banyak ahli ilmu bahasa terapan terutama yang benyak berkiprah dalam hal ikhwal pembelajaran bahasa, memperhatikan hasil percobaan menuasia itu dalam mengembangkan teorinya.
Ada beberapa model pembelajaran bahasa yang biasa diterapkan guru, yaitu : model pembelajaran komunikatif, silent way, total physical response, community language learning, dan grammar translation method. Setiap pendekatan dan model pembelajaran bahasa berkembang sesuai dengan perkembangan jaman dan saling terkait satu sama lain. Masing-masing berkembang seiring dengan kerangka teori bahasa dan teori pembelajaran bahasa yang dianutnya. Maka. orang awam lalu tidak mudah mengerti pendekatan, metode, dan tehnik belajar bahasa yang paling tepat untuk belajar bahasa.
Model pembelajaran bahasa yang paling efektif dalam belajar bahasa adalah kombinasi dari setiap [endekatan dan metode yang ada, tentu saja dengan menyesuaikan, mempertimbangkan, dan memperhitungkan keadaan sosialkultural yang berlaku lokal. Terlebih untuk anak-anak usia belajar paling efektif adalah sejak usia 2 tahun sampai menjelang masa pubernya. Model pembelajaran bahasa yang bersifat elektis inilah yang paling tepat diterapkan. Oleh karena itu, tidak perlu memaksakan pendekatan, metode dan tehnik tertentu. Karena bila terlalu dipaksakan, jangankan tingkat keberhasilan yang gemilang seperti yang dibayangkan, orang malah tidak dapat berbicara secara normal dan wajar.
Banyak contoh yang bisa kita temui di sekitar kita tentang penerapan model pembelajaran yang terlalu dipaksakan untuk mengikuti satu jenis model pembelajaran yang dianggap tepat namun akhirnya malah menjadi boomerang bagi anak. Peran aktif orang tua dan orang-orang terdekat juga sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan penguasaan bahasa.
No comments:
Post a Comment