Kata Pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji bagi Allah yang telah menolong saya
menyelesaikan laporan ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin
penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam
semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni nabi muhammad SAW.
Laporan ini disusun agar pembaca dapat memperluas
pengetahuan tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler disekolah, yang saya
sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Semoga Laporan ini dapat memberikan wawasan yang lebih
luas kepada pembaca. Walaupun Laporan ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring
berjalannya waktu, tanpa disadari kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin jauh meningkat peningkatan ini membawa dampak yang besar
terhadap kehidupan manusia pada umumnya. Teknologi melupakan salah satu tolak
ukur dari kemuajuan suatu Negara, sedangkan ilmu pengetahuan merupakan
pendukung terciptanya sebuah teknologi.
Di era globalisasi ini perkembangan teklonlogi informasi sangatlah pesat. Hal
tersesebut sangat mempengaruhi masyarakat di Indonesia pada umumnya. Hampir disetiap
kegiatan dan aktifitas kita tidak pernah lepas dari peralatan canggih dan
modern,misalnya komputer. Dalam proses perkembangannya sudah pasti tidak lepas
dari faktor-faktor yang dapat menciptakan suatu terobosan rancangan yang lebih
efektif dan efisien. Sebagai contoh, hal yang sangat berperan penting pada
perkembangan suatu bidang tertentu adalah media inforamasi. Media informasi
berfungsi sebagai senjata paling ampuh dan sangat berperan sekali dalam
menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini khususnya internet.
Para pengguna jasa internet dapat dengan mudah mencari informasi-informasi yang
diinginkan dengan mengunjungi situs-situs website yang ada. Salah satunya website yang memberikan informasi tentang game
yang didalamnya terdapat informasi tentang game-game terbaru dan terpopuler
Seiring dengan perkembangan
teknologi informasi yang begitu pesat, dunia game juga berkembang beriringan dengan
perkembangan teknologi dan peminatnya semakin bertambah bahkan hampir semua
kalangan menyukai game,dengan
demikian para penggemar game harus diberikan sarana yang
menginformasikan semua berita terupdate tentang game yang digemarinya dengan mudah dan
cepat dengan hanya menggunakan akses internet untuk mencari website yang menyediakan informasi tersebut.
Oleh karena itu penulis mencoba untuk membuat sebuah website yang
menginformasikan tentang game terutama Game FPS (First Person Shooter) dengan
judul : “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PORTAL GAME BERBASIS WEB” .
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dan
prasurvey diatas, maka dapat dirumuskan permasalahannya dalam penelitian diatas
sebagai berikut:
1. Bagaimana proses perancangan portal
Game ini dapat dilakukan ?
2. Apa kaitannya dunia maya dengan portal
game?
1.3 Batasan Masalah
Karena keterbatsan dari
segi waktu, kesempatan dan kemampuan saya, maka penilitian ini hanya membahas
tentang Perancangan Sistem Informasi Portal Game Berbasis Web di PT ID
Gamers.co .
1.4 Identifikasi Masalah
Merujuk pada Latar
belakang masalah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang
berkaitan dengan latar belakang diatas :
1. Apakah ada pengaruh terhadap kemajuan
teknologi antara permainan(games) didengan user(pengguna)?
2. Apakah terdapat hubungan antara games
dengan kehidupan sehari2 user?
1.5 Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
1.5 Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
1.5.1
Tujuan Penelitian
Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah :
a. Mengetahui sampai
sejauh mana penulis dapat merancang sebuah web dari ilmu yang didapatkan selama
perkuliahan.
b. Memberikan
informasi mengenai Game FPS (First person shooter) kepada
siapapun yang belum mengetahuinya.
c. Memberikan
kemudahan untuk mengetahui tentang Game
FPS (First person shooter)
terbaru dan terpopuler.
d. Memberikan
dukungan agar Game FPS (First person shooter)
akan lebih diminati oleh semua kalangan.
BAB II
A. LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
Portal web adalah situs
web yang menyediakan kemampuan
tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para
pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan
informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal
Digital Assistant), atau bahkan
telepon genggam.
2.2 Jenis-Jenis
Berikut
beberapa contoh Portal game:
·
Dota.opengamers.us
·
Netmarble.co.id
·
Gogamers.us
·
Gemscool.com
BAB III
3.1 Kesimpulan
Setelah penulis mengamati, mempelajari, dan akhirnya menyusun tugas
akhir ini yang mengambil Perancangan Sitem Informasi Portal Game Berbasis Web
dengan menggunakan dreamweaver cs 3. Penulis dapat mengambil kesimpulan
mengenai perancangan website.
Kesimpulan tersebut antara lain yaitu :
a. pembuatan dan
penyusunan letak gambar yang baik sangat mendukung tampilan sebuah web.
b. penentuan tema
sangatlah penting dalam pembuatan suatu web
karena dengan tema kita dapat menentukan desain suatu web.
c. pengguna software yang tepat juga dapat menghasilkan
sebuah web yang baik pula.
Dalam
tugas akhir ini penulis menggunakan dreamweaver cs 3 karena aplikasi adobe
dreamweaver sangat mudah untuk dioperasikan. Perogram ini menyediakan banyak
perangkat yang dapat meningkatkan kemampuan user dalam membuat web, gambar maupun
tulisannya. Hardware atau perangkat keras komputer juga
harus diperhatikan agar dapat mempermudah dalam proses pembuatan.
3.2 Saran
Dari kesimpulan yang telah penulis buat berdasarkan proses perancangan web dari awal hingga
akhir, maka penulis mencoba mengajukan saran-saran agar dapat mengahasilkan
situs yang jauh lebih baik lagi, yaitu :
a. Perkaya imajinasi agar menghasilkan web yang menarik,
karena imajinasi yang baik dapat menciptakan tampilan web yang menarik.
b. Carilah sumber-sumber pelajaran dalam merancang sebuah
web. Sumber-tersebut dapat diperoleh dari buku-buku, internet, serta belajar dari orang yang lebih menguasai.
c. Jangan cepat puas apabila kita telah merancang sebuah
web. Belajar dan belajar terus agar dapat merancang web lebih baik lagi.
d. Memperdalam ilmu desain dan sering berlatih untuk
membuat desain halaman web. Berkunjung ke internet untuk mencari desain
yang paling bagus dan kemudian cobalah didesain ulang dengan program pengolah
citra yang dikuasai.
e. Agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang
mengunjungi sebuah website, diharapkan untuk
selalu melakukan pengupdetan website secara berkala sehingga website menjadi lebih dinamis
karena informasi didalamnya selalu mengikuti perkembangan
yang up to date.
3.3 Daftar Pustaka
[1]. www.google.com
[3]. Sugiyono, Metode
Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung :
Alpabeta, 2007
No comments:
Post a Comment