Wednesday, April 10, 2013

contoh BAB 1 PENULISAN ILMIAH


bab 1
 1.PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam bidang komputer dan programing maka teknologi dalam bidang internet pun ikut berkembang dengan pesat. Dapat diperoleh informasi didalamnya, baik informasi dari dalam maupun luar negeri, dapat dilihat perkembangan teknologi dengan mengunjungi situs - situs yang ada. Situs web (website) awalnya merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan pengguna. Web cepat sekali popular di lingkungan pengguna internet, karena memberikan kemudahan kepada pengguna internet untuk melakukan penelusuran, penjelajahan, dan pencarian informasi. Internet menjadi sarana yang sangat populer saat ini karena internet menyediakan berbagai informasi yang tidak terbatas. Internet bukan saja hanya digunakan sebagai sarana pendidikan dan hiburan, tetapi juga digunakan untuk perdagangan online.
Website sebagai salah satu sarana yang tercipta bagi pengguna internet merupakan pasar maya dan media publikasi yang perkembangannya sangat pesat di dunia, maka bermunculanlah situs web yang menawarkan berbagai barang atau jasa.
Di Indonesia saat ini banyak sekali band-band Underground yang menggunakan website sebagai media iklan untuk mengenalkan musik dan menjual merchandise bandnya. Salah satunya adalah group band Bleeding Ensign. Group band Bleeding Ensign merupakan sebuah band yang berdiri sejak tahun 2004, berawal dari sebuah pertemanan yang sering berkumpul dan mempunyai isi pikiran dan selera musik yang sama maka terbentuklah group band yang diberi nama Bleeding Ensign.
Seiring waktu dan musikalitas mereka yang semakin kompak, group band Bleeding Ensign mengalami perkembangan dan kemajuan, baik dalam hal

pengenalan terhadap komunitas musik Underground di Indonesia maupun terhadap pecinta lagu-lagu dari group band Bleeding Ensign itu sendiri. Dengan memanfaatkan hal tersebut group band Bleeding Ensign mempunyai pemikiran untuk memperkenalkan dan menjual merchandise yang berhubungan dengan group band tersebut. Selain hal di atas, group band Bleeding Ensign juga menginginkan agar lagu-lagunya dapat lebih dikenal oleh komunitas dan pecinta musik Underground yang ada di Indonesia. Masyarakat yang mengikuti perkembangan teknologi dapat dikatakan sebagai masyarakat yang modern, yang mana golongan masyarakat tersebut cenderung meninggalkan tradisi lama atau aktivitas-aktivitas yang pada umumnya terjadi di masyarakat. Percepatan masyarakat yang modern dalam mempola hidupnya menjadi suatu kenyataan bahwa masyarakat yang modern lebih mengutamakan segala sesuatu yang praktis dan instan, serta tidak menghabiskan banyak waktu dalam mengerjakan sesuatu. Hal inilah yang diinginkan sebagian besar komunitas pecinta musik Underground di Indonesia dan pecinta group band Bleeding Ensign itu sendiri.

1.2. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penulisan ini adalah memperkenalkan group band Bleeding Ensign dalam hal pengenalan lagu-lagu dan penjualan merchandise terhadap komunitas pecinta musik Undergoround yang ada di Indonesia. 1.3. Tujuan Tujuan pembuatan website ini adalah untuk mempermudah pengenalan group band Bleeding Ensign terhadap komunitas pecinta band Underground yang ada di Indonesia melalui pembuatan website yang berjudul ”Pembuatan Website Group Band Bleeding Ensign dengan PHP, MySQL, Adobe DreamWeaver CS3 ”.

1.4.Metode Penelitian 
Dalam penulisan ilmiah ini, metode yang digunakan berdasarkan studi pustaka, dimana dalam pembuatan website ini memanfaatkan fasilitas internet untuk mencari bahan-bahan yang dapat dijadikan referensi serta buku-buku yang berkaitan dengan aplikasi yang digunakan untuk membuat situs tersebut, dan dari hal tersebut diperoleh struktur program yang harus dibuat dan data sementara yang nantinya digunakan dalam uji coba aplikasi sementara secara off-line. Adapun tahap-tahap perancangan situs yaitu : Perancangan struktur navigasi, perancangan tampilan, implementasi dan upload situs. Penelitian ini membutuhkan satu (1) unit komputer lengkap dengan spesifikasi minimum Prosesor AMD Dual Core, Memori RAM 2 GB, Hardisk 500 GB, VGA Card ATIRadeon HD 5670 1GB, Monitor 17 “SAMSUNG”, perangkat lunak yang dibutuhkan adalah Sistem operasi Microsoft Windows Xprofesional, XAMPP (Xapache, MySQL, PHP), Internet Explorer, Mozilla Firefox, Adobe Dreamweaver CS3. Pada bagian ini menjelaskan prosedur pembuatan aplikasi dengan detail. Adapun pembuatan dilakukan dalam beberapa tahap sebagai berikut :

1.4.1. Perencanaan dan Konsep Desain Web 
Dalam pembuatan website ini menggunakan sistem web yang dinamis karena dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan lebih sederhana dengan melakukan koneksi ke database, serta perancangan web menggunakan sistem navigasi.

1.4.2. Penulisan Script Dasar dan Kode - kode Program Web 
Pada bagian ini menggunakan Script dan HTML serta menggabungkannya ke dalam kode-kode program web seperti Dreamweaver CS3, PHP, Flash Mx dan untuk databasenya menggunakan My Sql.

1.4.3. Testing dan Pengujian
Setelah membuat situs secara keseluruhan sangatlah penting untuk melakukan evaluasi, apakah link-link yang ada berjalan dengan benar dan bukan broken link (link yang salah target).

 1.4.4. Upload ke Web Server 
Pada bagian ini dilakukan percobaan mengupload website ke Web Server, agar web dapat di akses oleh seluruh masyarakat di dalam maupun diluar negeri.

 1.4.5. Pemeliharaan dan Maintenance Web
Web yang baik harus tetap dijaga dan dipelihara agar selalu “Up to date”. Agar website tetap Up to date, maka perlu dibuat administrator (admin) untuk menjaga database dari website tersebut.

1.4.6. Uji Coba Aplikasi 
Pada bagian ini aplikasi yang telah dibuat akan diuji, sebelum website ini dapat diakses oleh banyak orang.

1.5. Sistematika Tulisan Ilmiah
Untuk mempermudah di dalam penulisan dan pemahaman penulisan ilmiah ini, maka tulisan dibagi menjadi empat bab, dimana setiap bab terdiri dari beberapa sub bab. Berikut gambaran secara garis besar sistematika penulisan. Pada bab pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, metode penelitian dan sistematika tulisan ilmiah dari penulisan. Pada bab tinjauan pustaka berisikan tentang www, url, browser, java script, story board, struktur navigasi dan spesifikasi komputer yang dipakai. Selain itu pada bab ini dijelaskan juga mengenai software yang digunakan dalam perancangan website seperti Adobe Dreamweaver, PHP, MySQL dan Macromedia Flash Mx serta struktur navigasi.
Pada bab pembahasan dan analisa ini dijelaskan bagaimana cara perancangan atau tahapan desain situs web, pembuatan struktur navigasi, perancangan input, perancangan output dan pembuatan website, serta implementasinya.
Pada bab kesimpulan dan saran berisikan kesimpulan dan saran dari hasil pembahasan. Dan pada bab ini juga akan dijelaskan tentang kekurangan dalam membuat website ini.

No comments:

Post a Comment