Monday, December 20, 2010

Masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan

Masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan
Masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga dapat berorganisasi dengan orang lain dalam satu kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu . Masyarakat terkelompok menjadi dua yaitu masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan .
Masyarakat perkotaan adalah kelompok masyarakat yang hidup di kota . Seperti contohnya masyarakat jakarta . Masyarakat perkotaan atau yang biasa kita sebut dengan urban community memiliki ciri ² sebagai berikut
- masyarakat perkotaan bekerja lebih banyak
- jalan kehidupan yang cepat
- biasa untuk mengurus diri sendiri
- jalan pikiran yang rasional
- perubahan sosial tampak nyata di dalam kehidupan .
berbeda dengan masyarakat didesa yang penduduknya dan jumlah kepadatannya sedikit , interaksi sosial dan solidaritas sosialnya yang terjadi di desa lebih bermasyarakat , lingkungan kehidupannya yang lebih damai dan jauh dari keramaian
Desa dan kota memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat . Desa dan kota bukanlah 2 komunitas yang berbeda . Keduanya memiliki ketergantungan masing ² . Kehidupan di kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan bahan² pangan dan tenaga kasar pada jenis pekerjaan tertentu begitupun dengan desa juga memerlukan kota , karena kota menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan di desa . Tetapi sekarang peningkatan jumlah penduduk semakin cepat dan berpengaruh yang seharusnya di imbangin dengan perluasan lapangan kerja agar tidak terjadi pengangguran .
kehidupan kota memiliki lebih banyak peluang untuk berkerja tetapi di kota persaingan semakin bertambah karena adanya migrasi dari desa kota , itu menyebabkan banyak terdapat penganguran di kota .
Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat dalam pemerintahan sendiri . Masyarakat desa di nilai sebagai masyarakat damai , harmonis , dan tenang dan lebih memiliki sifat yang lebih tertinggal dari masyarakat di kota . Unsur-unsur daerah di antaranya adalah daerah , penduduk , corak kehidupan , unsur gotong royong . Desa dengan kota di dalam hubungannya sebagai lumbung bahan mentah atau tenaga kerja . Dari segi kegiatan kerja di pedesaan dapat merupakan desa agraris , desa manufaktur , desa industri , desa nelayan .
Di desa lebih sering kita dengar tentang kehidupan pertanian di indonesia . Petani beranggapan bahwa kehidupannya merupakan suatu hal yang buruk padahal kehidupan pangan di perkotaan contohnya beras yang merupakan pangan pokok di indonesia sangat bergantung dengan para petani , orang bekerja itu untuk hidup dan berorientasi masa kini kurang memperhatikan masa depan akhirnya banyak para petani yang meninggalkan lahannya untuk mencari pekerjaanb yang lebih baik di kota padahal bekerja di kota memerlukan kemampuan alhasil menjadi pengangguran , dan yang terakhir mereka beranggapan bahwa alam itu tidak menakutkan jika terjadi bencana dan untuk menghadapi alam cukuplah dengan bekerjasama pernyataan ini kurang bisa di setujui kita hidup memerlukan alam sebaliknya alam juga memerlukan kita untuk menjaganya agar tidak terjadi bencana yang akhirnya merugikan kehidupan di sekitarnya .
Banyak masyarakat desa yang berurbanisasi ke kota . Urbanisasi memiliki arti suatu proses berpindahnya penduduk dari desa ke kota . Mengapa demikian ? Penyebabnya diantaranya adalah daerah yang termasuk merupakan pusat pemerintahan / ibu kota seperti jakarta , letaknya yang strategis dan sebagai daerah industri yang memproduksi barang ataupun jasa .
Perbedaan antara masyarakat kota dengan desa di lihat dari segi kuantitatif dan kualitasnya 

No comments:

Post a Comment