Monday, November 1, 2010

ISD sebagai salah satu MKDU

ISD adalah ilmu pengetahuan yang mencakup masalah-masalah sosial yang sering terjadi di sekitar masyarakat yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan seperti sosiologi,ilmu politik,ekonomi,dan sejarah.


ISD merupakan suatu usaha yang dapat memberikan sebuah pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala  sosial yang timbul pada saat ini.Dan juga membuat daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.


Tujuan ISD adalah Memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial untuk menumbuhkan kepekaan sosial.



ISD dan IPS mempunyai persamaan yaitu:


  • Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
  • keduanya mempelajari ilmu sosial dalam masyarakat.
Ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi 3, yaitu :
1. Natural science/ilmu ilmiah adalah ilmu yang mempelajari tentang apa yang terdapat didalam alam semesta.
2.Social science/ilmu yang mempelajarai masalah sosial dalam mayarakat.
3.Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti dari fakta yang bersifat manusiawi. Metode yang digunakan adalah pengugkapan peristiwa dan kenyataan yang sifatnya unik.


Dalam kehidupan sehari-hari banyak masalah sosial yang sering kita lihat dan menjadi masalah.Maka dari itu kita diperkenalkan apa itu ISD (Ilmu Sosial Dasar) dan apa itu IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).Kedua kata ini mempunyai persamaan serta perbedaan.Perbedaannya ISD lebih mendalami tentang masalah sosial dalam masyarakat sedangkan IPS lebih mendasar pada ilmu pengetahuan sosial.Sedangkan persamaan keduanya adalah keduanya merupakan pendidikan dan mempunyai materi yang berasal dari kehidupan dan lingkungan masyarakat.


ISD mempunyai masalah-masalah sosial yang tergolong menjadi 3, yaitu :
1.Kenyataan-kenyataan sosial ang terdapat dalam ruang lingkup masyarakat.
2.Pengertian serta pemahaman dari masalah sosial.
3.Keterkaitan antara masalah sosial yang timbul dalam berbagai kenyataan di masyarakat.
Perkembangan ISD banyak menjuru pada masalah sosial.Masalah sosial biasanya sering timbul di kalangan masyarakat yang biasa terjadi akibat perbedaan antara nilai di dalam masyarakat dengan kenyataan yang terjadi.





No comments:

Post a Comment